Minggu, 07 Juni 2009

Lesson Plan




Apa itu Lesson Plan?

Lesson Plan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Apa tujuan pembuatan lesson Plan?

Ø memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar

Ø meningkatkan pembelajaran secara sistematis

Ø guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya,

10 Langkah membuat Lesson Plan yang berkualitas:


1. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan, jelas adalah apa yang anda ingin ajarkan. Setelah Anda memiliki topik, Anda dapat mulai menentukan bagaimana Anda ingin mengajar topik.

2. Untuk memastikan rencana anda untuk mengajarkan apa yang inginkan nantinya, Anda perlu untuk mengembangkan tujuan-tujuan yang jelas dan spesifik.

3. Buat rencana awal dengan menentukan bahan yang akan digunakan nanti. Pastikan anda di sini untuk memiliki segala yang mereka butuhkan.

4. Tulislah proses jalannya pembelajaran nanti untuk rencana dan mengembangkan siswa dalam belajar tentang apa yang akan diajarkan.


5. Sekarang anda harus menulis langkah demi langkah prosedur yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Ini tidak perlu melibatkan setiap hal kecil guru akan berkata dan lakukan apa, tetapi tuliskan tindakan-tindakan yang relevan terhadap kebutuhan guru untuk pelaksanaan nantinya

6. Setelah prosedur telah selesai, Anda mungkin ingin menyediakan waktu untuk praktek independen.

7. Sebelum pindah ke tahap penilaian Anda harus memiliki beberapa jenis penutupan untuk rencana.


8. Sekarang Anda ingin menulis penilaian / evaluasi. Kunci dalam pengembangan evaluasi Anda adalah untuk memastikan apakah langkah-langkah khusus yang telah dilaksanakan telah mencapai tujuan atau tidak. Oleh karena itu, seharusnya ada korelasi langsung antara tujuan dan penilaian.

9. Adaptasi juga harus dilakukan untuk belajar siswa dengan cacat dan ekstensi untuk orang lain.


10. Ada baiknya jika menunjukkan bagaimana rencana dapat terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Jika Anda mengikuti semua petunjuk di atas, Anda telah berhasil menulis lesson plan yang akan berguna bagi guru-guru lain yang mengajar seperti topik
.

Apa saja isi dari Lesson Plan?

LESSON PLAN

Date:

Grade level:

Subjects: Mata pelajaran dan materi.

Duration:

Description: Ringkasan tentang jalannya pengajaran.

Goals: Tingkat kemajuan yang dicapai oleh murid.

Objectives: tingkat kemahiran yang dicapai oleh murid pada akhir pertemuan.

Materials: peralatan atau sarana pendukung yang digunakan dalam proses pengajaran. Dicantumkan secara detail.

Procedures: “Step by step actions”. Dimulai dengan awal proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran

Assessments: Evaluasi apa yang telah diserap oleh murid

4 Kata Kunci sukses untuk lesson Plan :

1) Make a PLAN

Buatlah perencanaan awal dengan kegiatan menganalisis kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran, seperti kompetensi dasar, cara membelajarkan siswa, mensiasatikekurangan fasilitas dan sarana belajar, dan sebagainya, sehingga dapat diketahui berbagai kondisi nyata yang akan digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran.

2) Do it!

Lakukanlah proses pembelajaran sesuai dengan lesson plan yang telah dirancang diawal. Praktekkan proses pembelajaran dalam setting yang wajar dan natural, tidak dalam keadaan under pressure yang disebabkan adanya program Lesson Study.

3) Check

Lakukan check atau refleksi untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya . Tahapan ini sangat akan bergantung dari ketajaman analisis para guru berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

4) Act

Dari hasil refleksi dapat diperoleh sejumlah pengetahuan baru guna perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran, baik pada tataran indiividual, maupun menajerial. Untuk itu sangat dibutuhkan Tindakan konkrit yang lebih lanjut untuk mengembangkan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik.

Contoh Lesson Plan

A. IDENTITAS

Mata Pelajaran : Matematika

Satuan Pendidikan : SMP

Kelas / Semester : VIII / 2

Pokok Bahasan : Kubus, Balok, Prisma Tegak dan Limas

Sub Pokok Bahasan : Prisma Tegak dan Limas

Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran

B. STANDAR KOMPETENSI

Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma ,limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.

C. KOMPETENSI DASAR

Mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan balok, prisma dan limas, serta bagian-bagiannya

D. INDIKATOR

Menyebutkan unsur-unsur prisma tegak dan limas : rusuk,titik sudut, sisi, diagonal sisi, diagonal ruang dan bidang diagonal

E. MATERI POKOK

1. Unsur-unsur prisma tegak

2. Unsur-unsur limas

F. MEDIA PEMBELAJARAN

1. Lembar Kerja Siswa ( LKS )

2. Kartu Soal

3. Model Prisma tegak dan limas

G. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN :

Model : Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournaments )

Metode : Diskusi, Informasi, Tanya jawab, Kuiz, Pemberian Tugas

Kegiatan

Metode

Durasi

1. Memulai pembelajaran dengan salam dan doa

2. Appersepsi tentang unsur–unsur balok dan kubus

a. Berapa banyaknya rusuk kubus ?

b. Berapa banyaknya rusuk balok?

c. Berapa banyaknya sisi kubus ?

d. Berapa banyaknya sisi balok

e. Berapa banyaknya diagonal sisi pada kubus ?

f. Berapa banyaknya diagonal sisi pada balok ?

g. Berapa banyaknya diagonal ruang pada kubus ?

h. Berapa banyaknya diagonal ruang pada balok ?

i. Berapa banyaknya bidang diagonal pada kubus ?

j. Berapa banyaknya bidang diagonal pada balok ?

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok

yang telah ditentukan

Tanya Jawab

15 Menit

5. Guru membagikan LKS . Siswa mencermati LKS yang telah diterimanya.

6. Guru memberikan penjelasan singkat tentang cara mengerjakan LKS.

7. Guru mempersilahkan siswa untuk mengerjakan LKS sesuai dengan petunjuk, guru memberikan bimbingan seperlunya.

8. Guru meminta siswa setiap kelompok, mengirimkan wakilnya kemeja turnament.

9. Guru memberi arahan secara garis besar tata cara bekerjanya, diingatkan bahwa kemampuan dan keseriusan tiap anggota kelompok akan mempengaruhi keberhasilan tiap kelompok.

10. Setelah selesai setiap peserta kembali kekelompok asal dan menyerahkan nilainya untuk dijumlahkan dan dituliskan di papan tulis.

11. Guru dan siswa membahas hasil turnamen, dan

memberitahukan kelompok terbaik sekaligus

memberikan reward kepada kelompok tersebut.

DISKUSI

&

KUIS

40 Menit

12. Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.

13. Guru memberi tugas kepada siswa / PR

Pemberian Tugas

10 menit

I. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :

Buku Teks. Model-model bangun Ruang : Kubus, Balok, Prisma Tegak dan Limas

J. PENILAIAN :

Teknik : Tes Unjuk Kerja

Bentuk Instrumen : Kartu Nilai




2 komentar:

  1. Terimakasih ulasannya mengenai Lesson Plan. Sangat membantu sekali artikelnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih penjelasannya, Sangat membantu

    BalasHapus